baYangKan....!!!

Asal-Tulis-Saja-buKan-SekeDar-Asal-Tulis
;)
-Luck4me-


Saya membaca buku ini sejak sekitar 3 minggu yang lalu, dan semalam baru saja saya menyelesaikannya. Buku yang sangat menarik, karena ini buku yang sangat ringan tapi berbobot (gmana itu..?). Penulisnya bernama Michael C. Tang, seorang pengusaha yang menghabiskan masa mudanya dimasa pemerintahan Mao Zedong, seorang pemimpin politik partai komunis China. Melihat langsung apa yang terjadi pada pemerintahan China pada masa itu.

Buku ini memaparkan kisah - kisah masa lampau kejayaan bangsa China, semenjak 4000 tahun yang lalu. Kisah - kisah yang ditampilkan dapat menjadi refleksi bagi para calon pemimpin, sesuai dengan judul aslinya "Victor's Reflections and Other Tales of China's Timeless Wisdom for Leaders".

China adalah salah satu negara yang mempunyai sejarah yang panjang dan peradaban yang sangat besar, dengan melihat eksistensi bangsa China hingga saat ini. Kepemimpinan China diwarnai dengan para pemimpin yang bermacam - macam tipe, mulai dari yang bengis, gamang, hingga bijaksana. Namun yang layak kita ambil pelajarannya adalah unsur kebijaksanaanya, mengingat kebijaksanaan China saat ini -menurut penulis- telah mulai memudar. Tidak terlihat lagi pemimpin di bangsa manapun saat ini yang mempunyai kebijaksanaan seperti para pemimpin -pemimpin terdahulu.

Sejarah China yang panjang ditampilkan dengan cermat dan disematkan komentar di setiap akhir cerita, yang menurut saya penulis mengomentarinya dari berbagai sudut pandang (tidak dari satu pihak saja). Cerita - cerita yang ditulis dalam buku ini sangat dekat dengan keseharian kita. Dapat menjadi pembelajaran untuk menjadi lebih baik.

Bab - bab didalam buku ini menampilkan kehidupan dalam rumah tangga, filsafat, moral dan etika, manajemen pemerintahan, strategi perang (berkompetisi) dengan mengutip buku 'The Art of War' karangan Sun Tzu, kehidupan seks para kaisar (hmmmmmm..), dan bab terakhir membahas tentang cara mencapai ketenangan dan kedamaian jiwa. Buku ini juga menyelipkan sedikit penjelasan tentang ajaran Konfusius dan Zen, melalui kebijaksanaan tokoh - tokoh pendirinya. Intinya buku ini bisa menjadi wawasan (melalui sejarah di dalamnya), hikmah (melalui kebijaksanaannya), dan hiburan (melalui cerita yang menarik).



| edit post

1 Reply to "Kisah-kisah Kebijaksanaan China Klasik"

Anonim on Senin, Desember 10, 2012 10:38:00 AM

ada yang download gratis ngga

 

Posting Komentar

Santana