baYangKan....!!!

Asal-Tulis-Saja-buKan-SekeDar-Asal-Tulis
;)
-Luck4me-

Asal Usul Rupiah 1

22.01 by , under

Ada yang tau asal usul kata rupiah gak?

klo belum, ada info nih.

Kata 'Rupiah' atau 'Ru-piyah' (u-nya pake garis '-' di atasnya sehingga dibaca panjang) berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti perak yang dicetak atau diukir. Pengenalan mata uang ini ada hubungannya dengan awal perdagangan bangsa India (Khususnya Gujarat). Sehingga bangsa India yang menggunakan mata uang Rupee menjadi akrab ditelinga bangsa ini, implikasi dari perdagangan antar kedua negara ini. Begitu juga dengan negara Maladewa yang menggunakan mata uang Rufiyah, yang kedengarannya tidak asing.

Di tahun 1610 - 1817 Indonesia dulu menggunakan Gulden sebagai mata uang pada masa pemerintahan Belanda berkuasa atas Indonesia.

Nama rupiah pertama kali digunakan secara resmi dengan dikeluarkannya mata uang rupiah jaman pendudukan Dai Nippon pada Perang Dunia II. Setelah perang selesai, Bank Jawa, pelopor Bank Indonesia, mengeluarkan Rupiah. Sedangkan Tentara Sekutu mengeluarkan Gulden Nica.

Pada tanggal 2 November, 1949 rupiah ditetapkan sebagai mata uang nasional. Di daerah kepulauan Riau dan Papua, kala itu masih digunakan mata uang lain. Baru pada tahun 1964 dan 1971 rupiah digunakan di sana. Timor Timur juga menggunakan Rupiah pada tahun 1976 - 2001, dan hingga sekarang menggunakan US Dollar.

Saya rasa banyak dari kita yang tidak begitu mengetahui asal usul kata rupiah, yang lazim kita gunakan untuk berjubel. Moga informasi ini berguna.

(kutip dari netsains.com)



| edit post

1 Reply to "Asal Usul Rupiah"

BosKoin on Sabtu, Maret 13, 2010 10:06:00 AM

http://bandarkoin.blogspot.com/
Check it Out

Thanks

 

Posting Komentar

Santana