baYangKan....!!!

Asal-Tulis-Saja-buKan-SekeDar-Asal-Tulis
;)
-Luck4me-


Hari ini adalah hari yang sangat penting.. Mungkin wilayah benua Asia bagian timur adalah wilayah yang sangat beruntung hari ini. Karena pada hari ini, telah diperkirakan sebelumnya, akan terjadi Gerhana Matahari Terpanjang pada abad 21.

Gerhana Matahari ini akan berlangsung selama 6 Menit 39 Detik.


"Gerhana matahari akan tampak pertama-tama saat fajar menyingsing di Teluk Khambhat, utara kota Mumbai, India. Kemudian, bayangan gerhana matahari akan bergerak ke arah timur menyeberangi kawasan India, Nepal, Myanmar, Bangladesh, Bhutan, dan China sebelum berakhir di Samudra Pasifik.

Gerhana ini juga akan mengenai beberapa pulau di wilayah selatan Jepang dan terlihat terakhir kali dari Pulau Nikumaroro yang terletak di Pasifik Selatan. Salah satu daerah yang paling baik untuk menyaksikan peristiwa ini adalah seluruh kota Shanghai dan pulau-pulau di bagian selatan Jepang yang akan tertutup oleh kegelapan pada siang hari."(KOMPAS)


Ini suatu peristiwa yang menarik dan jarang. Jadi mungkin akan banyak orang yang akan berbondong - bondong ke daerah spot gerhana metahari. Terutama dari kalangan astronom. Karena ini adalah saat yang tepat untuk mempelajari struktur dari matahari dan mengetahui kenapa timbul ledakan di permukaannya.

Di Indonesia sendiri gerhana matahari ini hanya dapat dilihat di Indonesia bagian utara, itupun hanya gerhana parsial karena hanya sebagian piringan yang tertutup jika dilihat dari Indonesia.

(sunting dari KOMPAS)



| edit post

1 Reply to "Gerhana Matahari 22 Juli 2009"

Anonim on Jumat, Agustus 07, 2009 1:18:00 PM

nice info, tapi udah lewat mas..!

 

Posting Komentar

Santana